Pengertian, Ciri-Ciri, Cara Hidup, Habitat, dan Reproduksi Porifera


Filum Porifera yang Unik dan Keren

Filum Porifera
Porifera


A. Pengertian Porifera


                Adalah hewan multiseluler yang paling sederhana. Karena hewan ini memiliki tubuh yang berpori. Porifera dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku spons yang sering digunakan untuk perlengkapan mandi dan pengisi tempat duduk kendaraan.

B. Ciri-Ciri Porifera



1. Ukuran Tubuh

      Ukuran porifera sangat beragam. Ada yang sebesar butiran beras, dan ada yang diameter hingga 2 meter. Tubuh porifera pada umumnya asimetris . Ada yang  seperti tabung atau bercabang seperti tumbuhan.

      Tubuhnya memiliki pori (ostium). Warna tubuh bervariasi, ada yang berwarna pucat, dan ada yang berwarna cerah, seperti merah, jingga,kuning bahkan  ungu.
Porifera berwarna Ungu
Porifera berwarna Ungu

2. Struktur Tubuh

      Porifera termasuk kelompok protozoa, karena ia belum membentuk jaringan dan organ. Permukaan luar tubuhnya tersusun dari sel-sel berbentuk pipih dan berdinding tebal yang disebut pinakosit. Pinakosit berfungsi sebagai pelindung.
Struktur tubuh porifera yang sangat menakjubkan
Struktur tubuh porifera

      Diantara pinakosit terdapat pori-pori yang membentuk saluran air yang bermuara di spongosol atau rongga tubuh. Spongosol dilapisi oleh sel “berleher” yang  memiliki flagelum, yang disebut koanosit. Flagelum yang bergerak pada koanosit berfungsi untuk membentuk aliran air satu arah sehingga air yang mengandung makanan dan oksigen masuk melalui pori ke spongosol.

C. Cara hidup dan Habitat



      Porifera hidup secara heterotof. Makananya adalah bakteri dan plankton. Makanan yang masuk kedalam tubuhnya berbentuk cairan. Habitat porifera umumnya di laut.

     Sekitar 150 jenis porifera hidup di ait tawar, misalnya Haliciona dari kelas Demospongia. Porifera yang telah dewasa tidak dapat berpindah tempat . Hidupnya menempel pada batu atau benda lainya di dasar laut. Karena porifera yang bercirikan tidak dapat berpindah tempat, kadang porifera dianggap sebagai tumbuhan.

D. Reproduksi



     Porifera melakukan reproduksi secara aseksual maupun seksual. Reproduksi secara aseksual terjadi dengan pembentukan tunas dan gemmule. Porifera dapat membentuk individu baru dengan regenerasi.
Reproduksi Porifera
Porifera

     Reproduksi seksual dilakukan dengan pembentukan gamet (antara sperma dan ovum). Sebagian besar Porifera menghasilkan ovum dan juga sperma pada individu yang sama sehingga porifera bersifat Hemafrodit

Baca Juga:

1. Pengertian, Ciri-Ciri, dan Unsur Intrinsik Puisi
2. Keutamaan Menyebarkan Salam
3. Ternyata START Bisa Membuat Komputer Hang
4. Pengertian Alexa di Blog dan Pentingnya Alexa Untuk Blog
5. Pesan Misterius yang Tak Kunjung Hilang!
6. GodMode, Folder yang Mengendalikan OS Sepenuhnya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
April 12, 2014 at 3:54 AM delete

Penjelasan mengenai apa itu porifera, bagaimana cara hidupnya, dimana dia tinggal, apa ciri-cirinya, dan masih banyak lagi.

Reply
avatar
Anonymous
May 20, 2014 at 7:09 AM delete

Ciri cirinya kurang bnyak

Reply
avatar